Cita-Cita BRIC Membangun Tata Dunia Baru

Oleh Heri Hidayat Makmun

Empat Pemimpin dalam KTT BRIC Peta kekuatan ekonomi mulai membentuk poros dan terkristalisasi dalam kesamaan dan kepentingan. Setelah lama kekuatan Uni Eropa dan Amerika Serikat, maka saatnya sekarang ini kekuatan yang berasal dari new emerging force atau ada juga yang mengatakan sebagai new emerging economies force. Kekuatan ini menyatukan diri dalam suatu persekutuan BRIC (Brasil, Rusia, India dan China).

Keempat Negara ini baik dipandang dari luas Negara, jumlah penduduk, produktifitas ekonomi dan sumber daya alam memiliki kapasitas yang luas biasa besar. Kita bisa bayangkan baru luasnya wilayah Rusia dan China saja sudah sepertiga luas dunia, ini belum keempatnya.

Sebenarnya istilah BRIC sendiri muncul dari Jim O’Neill dari Goldman Sachs untuk menjadikian BRIC sebagai ikon baru dalam usaha untuk melakukan penyesuaan yang mendalam terhadap sistem ekonomi dunia yang sekarang ini ada. Penyesuan yang mendalam terhadap sistem yang masih runyam, penuh dengan manipulasi dari sektor keuangan negara yang memproduksi dolar, dan riskan bagi para pemegang dolar di dunia. Penyesuaian mendalam lain tentu pada institusi keuangan dunia dan tentu juga mengenai pemikiran kembali tentang perubahan tata ekonomi dunia baru.

BACA LANJUTANNYA

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: