Hitung-Hitungan Golput Ala Gus Dur Terlalu Omong Kosong

Oleh Heri Hidayat Makmun

Menurut data KPU Pusat dari hasil Pilpres lalu menunjukkan bahwa jumlah suara golput lalu sebesar 22,35 persen dan Pilpres II sebanyak 25,07 persen. Jumlah angka golput ini jauh lebih sedikit dibandingkan dengan yang dikatakan Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang “nyeplos” sebesar 40% untuk Pilpres tahun 2004.

Berdasarkan hasil Pemilu 2004 suara PKB hanya mendapatkan sebesar 11 jutaan pemilih, dengan rincian 10 jutaan dari pemilih Jawa Tengah dan Jawa Timur dan sisanya 1 juta pemilih lainnya dari wilayah Indonesia lainnya.

Gus Dur mengatakan hasil ini adalah sebesar 13% dari seluruh suara (entah bagaimana rumus hitungnya Gus Dur ini?) Kemudian dia menghitung suara golput Pilpres 2004 yang berdasarkan data KPU sebesar 25,07% tetapi dia katakan 40% ditambah dengan pemilih PKB tahun 2004 yang dikatakannya sebesar 13% tadi menjadi 60% (ini juga saya masih bingung bagaimana cara dia menghitungnya). Sehingga hasil 60% pemilih golput ini menghilangkan legitimasi hasil Pilpres 2009.

Dari sini jelas apa yang dikatakan Gus Dur tadi tidak perlu dikwatirkan dan tidak perlu dibesar-besarkan. “Omong Besar Gus Dur” ini tidak akan laku di pasaran pemilih. Seperti tidak lakunya PKB sebagai partai masa depan. Kemungkinan hancurnya suatu partai keluarga yang paling tradisional di Indonesia PKB ini sudah didepan mata.

O iya, Gus Dur juga lupa bahwa suara PKB yang dihitungnya sudah harus dikurangi oleh dua orang Muhaimin Iskandan dan Lukman Edi serta para pengikut setianya. Belum lagi para Kiyai dan Ulama Jawa Timur yang masuk dalam korp Ulama Langitan sudah tidak mendukung Gus Dur lagi. He.. he .. Gus Dur … Gus Dur… Memang pinter ndagel! Mbok ya kalau mau jadi presiden dan bisa jalan-jalan lagi ngomong aja! Ndak perlu ngajak-ngajar golput! Itu kan jelas merusak proses pendewasaan berdemokrasi bangsa ini. Gitu aja kok repot!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: