Pertumbuhan Raksasa China

Selama lebih dari dua ratus tahun, para analis barat optimis dengan prospek pertumbuhan China. Demikian juga dengan analis teknis maupun pengalaman sekarang menunjukkan bahwa laju pertumbuhan yang mengesankan saat ini mungkin terus bertahan. China di bawah kondisi politik yang beragam, mempunyai pertumbuhan ekonomi riil yang lebih dari 9 persen sejak memulai reformasi pada tahun 1978. Jika reformasi tambahan dalam hal fiskal, finansial dan regulasi dapat efektif terlaksana maka pertumbuhan sampai paska tahun 2000 akan terus dalam angka rata-rata 9 persen. Sebagaimana pertumbuhan rata-rata tahun 1979-1994. Konsistensi pertumbuhan ini menunjukkan suatu prospek masa depan China yang mulai bangun dari tidur panjang.

Tingkat tabungan dan investasi yang tinggi mendasari prospek jangka pendek dan menengah yang cerah bagi pertumbuhan perekonomian China. Misalnya total tabungan bank rumah tangganya mencapai 46 persen GNP pada tahun 1991. Kecendrungan demografi, termasuk menurunnya tingkat kelahiran secara umum sejak pertengahan tahun 1970-an, dapat membantu mempertahankan prestasi pertumbuhan ekonomi tersbut secara stabil.

Sumber tenaga kerja China yang murah dan pasar potensial yang sangat luas di China, merupakan daya tarik yang besar bagi investor. Total faktor produktivitas China telah meningkat secara substansial selama lima belas tahun yang lalu, terutama di pedesaan. Tingkat kemampuan membaca penduduk China sangatlah tinggi bagi sebuah negara berkembang yaitu sebesar 73 persen, bandingkan dengan 54 persen Iran dan 48 persen India.

Apakah China sekarang sedang mengejar untuk menjadi negara adidaya? Apakah China memiliki potensi untuk menjadi negara super power seperti Amerika?
Kajian ini tentu belum dapat menjawab sepenuhnya tetapi upaya-upaya Pemerintah China menunjukkan seperti itu. Olimpiade dunia di China sangat memperlihatkan hal tersebut. Upaya-upaya peningkatan anggaran militer untuk terus memperkuat juga dapat terlihat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: