Kapitalisme = Darwinisme + Machiavellisme

.
Krisis kebangsaan yang kita alami semakin berlarut-larut. Ekonomi, keamanan, politik yang masih sebatas pemenuhan kebutuhan untuk terlaksananya suatu demokrasi yang mahal dan banyak memakan aset bangsa ini. Secara ekonomi kita tertekan akibat warisan hutang yang besar dari masa orde baru.
.
Kita juga menambah hutang kita dalam usaha penanggulangan krisis moneter kita dengan adannya BLBI yang semakin menambah komitmen kita pada IMF, yang ternyata di belakang hari banyak melakukan tekanan-tekanan yang mengarahkan kita masuk pada jurang pasar bebas. Seakan dimanapun dibumi yang kita pijak ini tidak akan ada negara yang mampu untuk lepas dari pasar bebas, walaupun ternyata juga dibelakang hari kita lihat negara-negara yang dari awal dengan semangat mengusung panji-panji pasar bebas itu malah banyak memproteksi produksi dan pasar dalam negeri mereka.
.
Hal ini dapat terlihat terutama setelah raksasa pemproduksi masal ( China ), mengguyur semua negeri dengan produk-produk mereka yang sangat murah, dan bagi negara-negara kapitalis menyebut sebagai ‘harga yang tidak masuk akal’. Mereka tidak sadar bahwa itulah kelemahan kapitalisme. ( Tulisan Selanjutnya … )   

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: