Prancis di Mata Rakyat China

Prancis biasanya menduduki peringkat kedua setelah tanah air mereka sebagai negara yang paling dicintai rakyat Tiongkok. Tetapi hal ini telah berubah secara drastis, menurut sebuah survei yang diluncurkan kemarin.

Jajak pendapat oleh Kelompok Konsultansi Horizon, sebuah perusahaan survei, menunjukkan bahwa hampir 60 persen responden “mencatat kebencian yang semakin besar terhadap Prancis”.

Jajak pendapat telepon yang dilakukan oleh Horizon antara 18 April dan 20 April mencakup 905 warga yang berusia 16 ? 65 di Beijing, Shanghai, dan Guangzhou. Para responden mengatakan bahwa sikap Prancis terhadap Olimpiade Beijing telah dengan parah menodai kesan mereka terhadap negara tersebut.

Survei ini juga mengidentifikasikan bahwa Kanada, Inggris, dan Jerman juga turun dalam rating. 64,8%, 57,2% dan 58,1& mengatakan mereka punya perasaan negative terhadap negara-negara tersebut.

Survei ini amat kontras dengan studi tahunan Horizon yang berjudul “Dunia di mata Tiongkok” pada tahun 2003, di mana Prancis merupakan negara kedua yang paling disukai. Tahun berikutnya, Prancis menduduki peringkat keempat.

Hasil jajak pendapat dengan jelas menunjukkan sentimen di antara warga Tiongkok terhadap Prancis setelah serangkaian sikap yang tidak bersahabat, termasuk gangguan pada estafet obor Olimpiade di Paris tanggal 7 April.

“Saya marah pada ketimpangan Prancis dalam menilai isu hak asasi manusia Tiongkok,” kata Duan Chen, seorang warga berusia 25 tahun yang bekerja di firma hukum. “Mereka main hakim sendiri.”

“Saya dulu sering membeli produk-produk Prancis yang melambangkan gaya dan keanggunan, tetapi kata-kata munafik mereka melawan Tiongkok sekarang amat mengganggu pikiran saya,” kata Duan.

Tetapi Yang Chenjiu, seorang insinyur yang pacarnya belajar di Paris menghimbau suatu cara yang lebih kalem dan rasional untuk berhadapan dengan Prancis, meskipun tetap khawatir atas pengaruh buruk hal ini dalam hubungan Tiongkok ? Prancis.

“Saya mendorong pacar saya untuk mengatakan pada rekan-rekan kuliahnya di Prancis tentang Tiongkok yang sesungguhnya,” kata Yang. “Bagaimana Anda bisa mengharapkan masyarakat Prancis untuk memiliki sikap yang obyektif tentang Tiongkok bila sebagian besar dari mereka tidak punya kesempatan untuk mendengar suara Tiongkok?”

Survei ini menolak klaim Barat bahwa Tiongkok hanya memiliki sebuah sumber berita. Ketika isunya adalah estafet obor Olimpiade atau Tibet, 76,9% responden mengatakan bahwa mereka mencatat perbedaan antara media Barat dan domestik.

Sekitar 86 persen mengatakan bahwa mereka cenderung percaya pada laporan media domestik. Mereka yang percaya pada media Barat hanya sekitar 2 persen.

Mayoritas responden, atau 82,5%, menentang pengaitan Olimpiade dengan Tibet atau hak asasi manusia.

Sekitar 75% sadar akan himbauan boykot dan protes yang diadakan di luar negeri. Dari mereka semua, 90% “menentang” dan 77 persen “sangat menentang” aktivitas-aktivitas ini.

Separuh dari para responden mengatakan bahwa apa yang dikatakan dan dibuat oleh Dalai Lama baru-baru ini memperdalam kebencian terhadapnya.

Mengenai tanggapan terhadap estafet obor Olimpiade, 60 persen dari mereka memilih “mengumpulkan suara online dan tanda tangan untuk mendukung Olimpiade” sedangkan 51 persen “menggerakkan yang lainnya untuk berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan Olimpiade,” sedangkan 39% memboykot produk-produk asing seperti produk buatan Prancis. 34% menyuarakan pendapat dalam blog dan BBS, 21% ikut serta dalam protes spontan di tempat-tempat public, sementara 10 persen melakukan hal-hal lain. 12 persen tidak melakukan kegiatan konkret, serta 5 persen menolak untuk menjawab atau tidak yakin.

Para responden diperbolehkan untuk memilih lebih dari satu jawaban untuk semua pertanyaan.

Menurut survey, antusiasme rakyat Tiongkok untuk Olimpiade tidak tergoyahkan oleh event-event yang baru terjadi ini.

(Sumber: China Daily)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: