Negara Makmur Menyedot Stok Pangan Dunia

Sebagian analis mulai menghembuskan informasi tentang krisis pangan dunia, dengan alasan yang sangat masuk akal yaitu semakin tingginya harga bahan pangan dari berbagai komoditas pangan. Data-data banyak ditunjukkan dari beberapa negara miskin dan berkembang, seperti Afrika, Timur Tengah, Asia Selatan, Asia Tenggara dan Amerika Selatan. Dari data tersebut menunjukkan adanya indikasi penuruanan pangan yang berakibat pada peningkatan harga pangan pada negara-negara di wilayah tersebut. Harga komoditas pangan utama dunia, seperti beras gandum, dan jagung kian membungbung tinggi diluar jangkauan masyarakat, hal ini memicu aksi protes diberbagai belahan dunia. Utamanya negara-negara yang berada di kawasan tersebut.

Informasi ini diperkuat oleh Direktur Jendral Organisasi Pangan Dunia PBB (FOA), Dr. Jacques Diouf saat memberikan konfrensi persnya Jumat (11/4/2008). “Stock pangan dunia kritis. Stok yang ada mencapai level terendah yang belum pernah terjadi sejak tahun 1980. Untuk tahun ini sudah 5% lebih rendah dari tahun lalu”.

Dilain tempat James East seorang Direktur Komunikasi Regional World Vision International dalam RSI Siaran Inggris mengatakan masalah kenaikan harga dan pengadaan pangan merupakan masalah yang krusial terutama bagi warga miskin, yang hingga kini masih berjuang untuk mengatasinya.
“Yaa, Saya kira ketika sesuatu terjadi dan menyerang perut anda, maka sesungguhnya anda tidak akan mempunyai pilihan lain. Saya melihat photo photo yang sangat menyentuh dari Philipina dimana anak anak disana menulis sesuatu di perut mereka yang berbunyi “orang lapar adalah orang yang marah” dan ketika anda tidak mempunyai cukup uang untuk membeli makanan, maka anda tidak akan dapat berpikir jernih. Nah, itulah yang terjadi dunia saat ini. Dan ketika itu terjadi pada anda dan anak anak anda, disaat anda lapar maka anda pun akan merasa marah dan kecewa dan meluapkan rasa tersebut ke jalan. Anda pun tidak mengerti kenapa harga harga makanan naik meski terdapat beragam alasan kenapa harga harga barang naik. Tapi anda tidak akan memahami penjelasan tersebut. Yang anda tahu hanya perut anda lapar dan anak anak anda juga terkena dampaknya” Dalam analisisnya James East melihat krisis pangan ini khususnya di asia.

Ada lagi analis yang menyalahkan adanya perubahan iklim yang berakibat tanah puso dan kekurangan air, bencana yang silih berganti sehingga menyebabkan banyak gagalnya panan petani-petani di dunia. Seperti yang terjadi di China, Banglades, India, Iran, Australia, Argentina dan Indonesia.

Indonesia yang semula pada tahun 1994 pernah merasakan swasembada beras sekarang justru menjadi negara pengimpor beras dari Vietnam dan Thailand. Australia mengalami kekeringan parah yang salah satu dampaknya produksi gandum menurun drastis. Argentina justru mengalami kegagalan panen gandum akibat musim dingin yang hebat. Demikian juga Iran yang mengalami musim salju yang dampaknya belum penah terjadi separah tahun ini.

inti persoalan yang terjadi pada umumnya pada dasarnya memang berasal dari berkurangnya stok bahan apngan dunia akibat perubahan iklim dan perubahan pola produksi dari bahan pertanian pangan menjadi bahan pertanian untuk energi. Tetapi yang disedihkan adalah tidak adanya atau sedikit sekali analis yang mengungkapkan suatu penamena tentang pangan di negara-negara makmur. Pada kenyataanya mereka tetap dapat menikmati stok pangan dunia tanap risau. Kemakmuran mendatangkan stok pangan dunia dari berbagai belahan dunia secara berlimpah. Negara yang banyak menikmati bahan pangan dunia ini yaitu Jepang, Amerika Serikat, Negara-Negara Eropa Barat yang masuk dalam dafter Uni Eropah.

Iklan

Satu Tanggapan

  1. Artikel di blog Anda sangat menarik dan berguna sekali. Anda bisa lebih mempopulerkannya lagi di infoGue.com dan promosikan Artikel Anda menjadi topik yang terbaik bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!

    http://www.infogue.co
    http://www.infogue.com/bisnis_keuangan/negara_makmur_menyedot_stock_pangan_dunia/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: