Bangkitkan Indonesia Melalui Perbaikan Kualitas SDM Terlebih Dulu!

Oleh Heri Hidayat Makmun, S.E., M.M

Generasi muda merupakan aset bangsa yang tak ternilai. Tidak ada bangsa yang sudah maju pada masa ini, tanpa usaha pembangunan pendidikan untuk generasi penerus bangsanya. Komersialisasi pendidikan di Indonesia dengan membentuk lembagna/institusi pendidikan menjadi suatu badan usaha menyebabkan termarginalisasinya anak bangsa untuk mendapatkan akses pendidikan yang layak.

Tentunya ini merupakan ironi dari suatu bangsa yang memiliki pembukaan Undang Undang yang berupaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Ini berarti kecerdasan bangsa merupakan kewajiban Negara . Sehingga seharusnya harus ada upaya-upaya Pemerintah untuk menyediakan pendidiakan gratis sampai ke perguruan tinggi.

Pemerintah harus kembali menyediakan aggaran yang cukup. INI HARUS. Bukan untuk sekedar peningkatan gaji guru PNS yang saat sekarang ini sudah makmur., tetapi juga memberikan kesejahteraan pada semua guru. YANG PALING MEMPPRIHATINKAN ADALAH GURU/DOSEN HONOR MURNI.

Mengembalikan Perguruan Tinggi kembagi pada khitahnya untuk mendidik bukan untuk mendapatkan penghasilan baru bagi pemerintah dengan membentuknya menjadi Badan Usaha Pendidikan.

Proporsi jumlah angkatan didik untuk memasuki jenjang ke perguruan tinggi sangat sedikit yang terserap ke perguruan tinggi. Hal ini selain kurangnya lembaga pendidikan tinggi di daerah-daerah, biaya masuk keperguruan tinggi yang tinggi, tuntutan ekonomi keluarga dan sebagainya yang menyebabkan anak bangsa tidak dapat mengeyam pendidikan tinggi.

Menyesuaikan kurikulum pendidikan secara terus menerus untuk mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Menjadikan bidang ilmu tertentu seperti computer menjadi bidang ilmu wajib, seperti matematika atau bahasa Indonesia dan mata pelajaran wajib lainnya.

Menjadikan Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua dalam instisusi pendidikan. Dengan menetapkan hari wajib berbahasa Inggris. Bahasa Inggris yang diajarkan adalah bahasa Inggris yang berlaku secara Internasional yaitu English United States. Pengajaran bahasa English United Kingdom yang sekarang ini berjalan sangat merugiikan anak didik, karena dalam pergaulan internasional lebih banyak digunakan English United States.

Selain pendidikan yang diselenggarakan oleh Depertemen Pendidikan pemerintah juga harus meningkatkan pendidikan yang diselenggarakan oleh Pendidikan Agama. Semakin terjadinya kemerosotan akhlak bangsa karena pendidikan agama hanya dinomor duakan.

Untuk mengejar ketertinggalan kemampuan sumber daya manusia Indonesia dalam memiliki keterampilan perlu dijadikan pendidikan kursus dan keterampilan yang sekarang ini hanya ditanggani oleh masyarakat. Dijadikan sebagai kewajiban pemerintah untuk pengadakannya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: